Kamis, 21 Mei 2015

Dampak Smartphone

Awalnya handphone hanya dirancang terbatas untuk berkomunikasi satu dengan lain ditambah dengan fitur-fitur tertentu seperti musik. Perkembangan teknologi yang pesat, menimbulkan penemuan-penemuan baru yang membuat tampilan handphone semakin canggih. Mulai dari operating system nya, resolusi kamera, bahkan ada handphone keluaran terbaru yang dapat digunakan sebagai proyektor. Ponsel keluaran terbaru ini disebut smartphone.


Pada dasarnya smartphone dikhususkan bagi para pebisnis untuk menjalankan aktivitasnya dengan mobilitas tinggi. Mereka membutuhkan internet dengan kecepatan yang lebih cepat, download, lampiran pada e-mail,dll. Layanan 3G pada smartphone adalah layanan seluler dengan transfer data bekecepatan tinggi. kecepatan transfer minimal layanan 3G adalah 3 megabyte (MB) per detik. Dengan kecpatan tersebut, pelanggan dapat menikmati layanan baru,seperti menonton video klip hingga televise di ponsel, akses internet berkecepatan sangat tinggi, atau konferensi video.

Dibawah ini adalah dampak negatif dan dampak positif dalam penggunaan Smartphone 

1. Dampak negatif pemakaian smartphone, diantaranya:


  • Memudahkan sekelompok orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan.
  • Dalam hal kesehatan, dampak negatif dari penggunaan ponsel adalah radiasi sebuah ponsel dapat merusak otak.
  • Kemajuan teknologi  telepon genggam yang dipergunakan untuk menyimpan dan mengedarkan gambar dan video porno.
  • Dapat merusak mata bila terlalu lama menatap ke layar handphone.
  • Membuat seseorang menjadi lebih individualis, jarang bersosialisasi dengan orang lain secara langsung karena sibuk dengan handphone nya.



 2. Dampak positif pemakaian smartphone , diantaranya:


  • Lebih mempermudah komunikasi dengan seseorsng yang jaraknya jauh.
  • Menambah wawasan dan mengetahui berita terkini.
  • Banyak aplikasi yang yang menghibur dan dapat mempermudah pekerjaan.
  • Menghilangkan rasa stress dengan mendengarkan music ataupun bermain game.
  • Fungsinya sama dengan komputer namun dalam bentuk yang lebuh kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Selain dampak diatas, Smartphone juga mempunyai dampak lain bagi kesehatan manusia, diantaranya :


1. Kram dan Nyeri Otot

Menggunakan smartphone terlalu lama dapat mengakibatkan jari-jari dan lengan kram dan nyeri otot, karena akibat terlalu sering dan asyik mengirim SMS atau pesan singkat lain serta bermain game di smartphone. Efek samping lain yang lebih umum akibat penggunaan smartphone tak beraturan adalah kondisi kesemutan atau mati rasa di sela-sela jari akibat menekuk siku terlalu lama. Untuk meminimalisasi kondisi ini, lakukanlah peregangan setiap kali menggunakan telepon agak lama. Coba tekuk pergelangan tangan ke depan dan belakang dengan meluruskan lengan. Kemudian kepalkan jari-jari tangan beberapa kali. Hal terpenting lainnya, istirahatlah sejenak menggunakan smartphone.

2. Pembungkukan dan Sakit Punggung
Terlalu sering membungkuk akibat menatap layar smartphone atau gadget bisa meningkatkan tekanan pada otot leher dan punggung. Penelitian di Inggris menunjukkan 84% pengguna aktif smartphone mengeluhkan sakit punggung dan leher akibat terlalu sering menggunakan gadget mereka. Maka dari itu, kurangi waktu penggunaan smarphone dan gadget lainnya. Jika memang Anda memerlukannya, taruhlah layar gadget sejajar mata Anda sehingga Anda tidak lagi membungkuk terlalu lama ketika menggunakan gadget.
3. Kelelahan Mata dan Sakit Kepala
Menatap layar kecil dilengkapi dengan huruf berukuran ’mini’ bisa menyebabkan kelelahan pada mata, penglihatan kabur, pusing, dan mata kering. Selain itu, penglihatan kabur dan otot leher yang sakit juga bisa memicu sakit kepala.
"Jika mata Anda terasa tidak nyaman, ubah ukuran font di gadget Anda lebih besar. Jaga jarak pandang ke gadget kurang lebih 30 cm dan sesekali berpalinglah dari layar gadget dan pandang sesuatu yang jauh untuk peregangan. Jangan lupa untuk berkedip," terang Mark Rosenfield, OD, PhD
4. Nomophobia
Nomophobia merupakan singkatan dari no mobile phone phobia atau Kecemasan dan ketakutan yang luar biasa ketika berada jauh dari ponsel. Menurut sebuah studi terhadap 1.000 orang di Inggris, 66% orang mengaku takut jika harus kehilangan ponsel mereka. Gejala nomophobia di antaranya kecemasan, rasa takut berlebih jika jauh dari ponsel, sering memeriksa ponsel Anda dan takut akan kehilangan ponsel. Dibanding laki-laki, wanita lebih sering mengalami kondisi ini. Dianjurkan, jika mulai merasakan gejala-gejala ini, lakukan gerakan relaksasi seperti beristirahat, tenangkan pikiran, jauhkan smartphone dan melakukan pengaturan pernapasan. Baiknya kita lebih bijak dalam penggunaan smartpnoe, agar kita dapat menghindarkan diri dari dampak buruk penggunaannya..

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar